Pekerjaan Terbaik Untuk Kamu Yang Sedang Mencari Pekerjaan

Pekerjaan Terbaik Untuk Kamu Yang Sedang Mencari Pekerjaan

Pekerjaan terbaik adalah idaman dari setiap orang, namun apa definisi dari pekerjaan yang terbaik itu. Apakah pekerjaan yang menghasilkan banyak uang (dengan gaji yang besar), atau mungkin pekerjaan yang mengharuskanmu berpakaian rapi dengan sepatu pantofel?.

Kamu yang sedang mencari pekerjaan saya harap bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan, pekerjaan yang membuatmu benar-benar hidup.

Disini saya tidak akan membahas profesi pekerjaan, seperti menjadi seorang polisi, guru, pengacara, dll. Tetapi mengulas tentang apa hakekat dari pekerjaan yang terbaik itu.

Banyak sekali ulasan di internet tentang pekerjaan terbaik, yang isinya berbagai macam profesi pekerjaan yang bisa kamu pilih dengan prospek gaji yang besar (sejahtera finansial).

Salah satunya adalah profesi sebagai PNS dan Pengacara. Misalnya sebagai PNS Guru yang mendapatkan gaji 4 juta perbulan yang tentunya kesejahteraannya telah dijamin oleh negara.

Bisa juga menjadi seorang pengacara, yang dengan kelihaiannya dengan hukum bisa dibayar dengan sangat mahal.

Jadi "pekerjaan terbaik" mereka artikan sebagai pekerjaan yang memiliki gaji yang besar, pekerjaan yang kamu butuhkan untuk menjamin kesejahteraan finansialmu.

Apa itu salah?,

Tentu tidak salah, namun sayangnya pekerjaan sesuai kebutuhan itu, belum tentu kita akan menyukai atau menginginkannya.

Jadi, bersyukurlah jika kamu mempunyai pekerjaan sesuai kebutuhan (finansial) dan kamu juga menyukainya, namun tidak bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang tidak mereka inginkan atau sukai.

Lalu bagaimana jika kamu dihadapkan dua pilihan pekerjaan, dimana pekerjaan A adalah pekerjaan dengan gaji besar (untuk kebutuhan finansialmu), sedangkan pekerjaan B adalah pekerjaan yang kamu sukai atau inginkan.

Pekerjaan yang mana yang akan kamu pilih?,

Menurut wikipedia, "Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan".

Definisi itu secara teori memang benar, tetapi saya memiliki definisi sendiri. Bagi saya pekerjaan adalah dimana kita melakukan sesuatu untuk kebaikan orang lain, dan dengan itu kita juga akan mendapatkan kebaikan.

Pekerjaan adalah dimana kita bisa membuat hidup yang singkat ini berarti bagi orang lain, kita bisa berbagi kebaikan kepada orang lain. dimana dengan kebaikan itu kita juga akan menjadi baik.

Pekerjaan adalah dimana kamu bahagia ketika melakukannya, bekerja dengan totalitas, penuh semangat, dan tidak sekedar bicara tentang materi (gaji/uang).

Wajar jika banyak pekerja yang bekerja seadanya, bahkan malas-malasan, jika paradigma "bekerja untuk mencari uang" masih melekat dihati masyarakat.


Sebenarnya saya hanya ingin mengatakan,

Pekerjaan Terbaik adalah pekerjaan yang membuat hidupmu bermakna bagi orang lain. Pekerjaan untuk menebar kebaikan disekitarmu, pekerjaan yang kamu sukai dari hati, dan kamu lakukan dengan penuh totalitas.
Do what you love and love what you do

Namun, sayangnya pekerjaan terbaik itu tidak semuanya bisa menjamin kebutuhanmu secara finansial. Oleh karena itu adakalanya kita berada pada situasi dimana kita mempunyai pekerjaan yang sesuai kebutuhan kita, namun tidak benar-benar kita sukai.

Jika kamu berada dalam situasi itu, maka ada 2 pilihan yang kamu bisa ambil.

Pertama, mulailah untuk menyukainya dari sekarang, cari sesuatu yang membuat kamu memiliki passion/minat/bergairah ketika melakukannya.

Kedua, keluar dari pekerjaan itu, dan mencari pekerjaan yang kamu sukai, pekerjaan yang benar-benar menjadikanmu lebih hidup.

Percayalah bahwa usaha selalu berbanding lurus dengan hasil, tidak ada hasil yang menghianati usaha.

Pekerjaan yang kamu cintai akan membawa kebahagiaan dan rasa puas dalam hatimu. Karena pekerjaan terbaik bukanlah pekerjaan yang memberikanmu hasil yang berlimpah, namun pekerjaan yang membuat hidupmu berguna untuk dirimu sendiri dan orang disekitarmu.

Dan yang tidak kalah pentingnya, memahami bahwa pencapaian terbesar dalam bekerja bukan terletak pada hasil, namun pada usahanya (prosesmya).

Kalau menurut sobat, bagaimana pekerjaan terbaik itu?.

Sumber gambar: vebma.com

No comments:

Post a comment