Kualitas Universitas Nusantara PGRI Kediri

Universitas Nusantara PGRI Kediri

Universitas adalah salah satu bentuk dari perguruan tinggi di Indonesia. Diera sekarang kita telah melihat cukup banyak Universitas di Indonesia, baik di kota besar maupun di kota kecil termasuk juga di Kota Kediri.

Salah satu Universitas yang ada di kediri adalah Universitas Nusantara Kediri atau lebih dikenal dengan sebutan UNP Kediri.

Kemudian bagaimana kualitasnya, apakah bagus?.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan pengalaman dan pengetahuan tentang UNP Kediri. Secara, saya adalah alumni dari Universitas tersebut, tepatnya pada FKIP Pendidikan Matematika.

Meskipun tercatat sebagai alumni, saya akan berusaha untuk objektif dalam menilai.

Kita akan mengenal sejarahnya terlebih dahulu. Mengutip dari Wikipedia,

Universitas Nusantara PGRI Kediri adalah Lembaga Pendidikan Tinggi di bawah naungan PPLP PT-PGRI Kediri, Jawa Timur, Indonesia, yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Republik Nasional Republik Indonesia nomor 24 / D / O / 2006 tanggal 12 Oktober 2006 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Baru dan penggabungan beberapa Perguruan Tinggi menjadi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Namun pada awalnya Universitas Nusantara PGRI adalah atau bekas dari IKIP Kediri, alhasil masih banyak orang yang menyebut UNP Kediri sebagai IKIP Kediri termasuk paman saya juga, padahal sebutan itu kurang tepat.

IKIP PGRI Jawa Timur di Kediri diberikan wewenang untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi setelah keluarnya hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Kopertis VII Surabaya.

Dimana hasil evaluasi tersebut mengatakan bahwa IKIP PGRI Jawa Timur di Kediri dianggap telah memenuhi persyaratan minimal sehingga dapat memberikan status "Terdaftar" dengan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VII nomor 87A/I/1976 tanggal 17 Mei 1976.

Dari data diatas kita bisa menyimpulkan bahwa UNP memiliki sejarah yang cukup lama dibidang penyelenggaraan perguruan tinggi, dari mulanya IKIP Kediri sampai tumbuh dan berkembang menjadi UNP Kediri.

Tidak heran jika banyak lulusan UNP Kediri (IKIP Kediri) yang tersebar luas di Karesidenan Kediri dengan berbagai bidang pekerjaan, yang salah satunya adalah guru SMA saya sendiri.

UNP Kediri

Universitas Nusantara PGRI untuk sekarang (2017) memiliki 6 Fakultas, keenam fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Program Studi:

1. Bimbingan dan Konseling
2. Pendidikan Sejarah
3. Pendidikan Pancasila dan Kewargananegaraan
4. Pendidikan Ekonomi dan Akutansi
5. Pendidikan Matematika
6. Pendidikan Biologi
7. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
8. Pendidikan Bahasa Inggris
9. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
10. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
11. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Fakultas Ekonomi

Program Studi:

1. Akuntansi
2. Manajemen

Fakultas Teknik

Program Studi:

1. Teknik Mesin
2. Teknik Industri
3. Teknik Elektro
4. Teknik Informatika
5. Sistem Informatika

Fakultas Ilmu Kesehatan

Program Studi:

1. Keperawatan
2. Kebidanan

Fakultas Peternakan

Program Studi:

1. Produksi Ternak
2. Sosial Ekonomi Peternakan

Fakultas Pasca Sarjana

Program Studi:

1. Magister Pendidikan Olahraga
2. Magister Pendidikan Ekonomi

Daftar Fakultas dan Program Studi diatas bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui update terbaru, kamu bisa mengunjungi situs resminya di unpkediri.ac.id (UNP Kediri).

Banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, beberapa diantaranya adalah prestasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT), dan mahasiswa itu tidak lain adalah teman-teman saya dari Prodi Pendidikan Matematika.

Sedangkan prestasi dari para Dosen UNP Kediri, misalnya pada tahun 2016 yang lalu dua Dosen Universitas Nusantara (UN) PGRI Kediri berhasil meraih penghargaan pada ajang konferensi internasional di Kuala Lumpur Malaysia.

Konferensi internasional itu bertajuk konferensi internasional tentang pengembangan CSR (Corporate Social Responsibility) secara berkelanjutan yang diikuti oleh 56 peserta dari 12 negara se-dunia, beberapa diataranya adalah Brunei Darussalam, Inggris, India, Singapura, dan Indonesia.

Kedua Dosen tersebut adalah Gesty Ernestivita, MM yang berhasil menyandang predikat Best Paper atas karya ilmiahnya dan Dr Diani Nurhajati yang memperoleh predikat Best Presentation.

Bagaimana tentang kabar UNP Kediri Dinonaktifkan?

Saya merasa prihatin ketika seseorang yang tidak mengenal UNP Kediri dan menilainya semaunya, memberi opini yang kurang baik meskipun tidak begitu memahami persoalannya.

Memang benar UNP pada silam pernah mengalami masalah yang berujung dengan penonaktifan, tepatnya penonaktifan pada 9 April 2015. Penonaktifan ini terjadi setelah terjadi audit dari Tim Audit Akademik dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti).

Ada beberapa indikator yang telah diperiksa, namun penyebab utama penonaktifan adalah rasio jumlah dosen dan mahasiswa. Setelah ditelusuri memang rasio jumlah dosen dan mahasiswa tidak normal, terlalu banyak jumlah mahasiswa.

Saya menilai bahwa masalah itu terjadi karena managemen UNP saat itu perlu diperbaiki, hal ini didukung dengan fakta bahwa data jumlah dosen dan mahasiswa tidak valid. Banyak mahasiswa yang sudah lulus namun belum dihapus dari sistem, belum lagi mahasiswa yang cuti dan keluar, disini ada kesenjangan antara data yang dimiki oleh Kampus dan Dikti.

Namun masalah tersebut sudah teratasi dengan pencabutan sanksi nonaktif oleh pemerintah pada 9 November 2015 lalu, jadi selama 7 bulan lamanya UNP berusaha keras untuk memperbaiki diri.

Pada saat itu Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri terus melakukan berbagai upaya pembenahan. Terbukti, saat itu UNP Kediri berhasil masuk dalam peringkat 50 besar perguruan tinggi di kopertis VII Jawa Timur.

"Setelah dilakukan pembinaan, UNP Kediri ini kualitasnya meningkat secara tajam. Dari sisi ranking dari sebelumnya 147 di seluruh wilayah Kopertis VII Jawa Timur meningkat menjadi peringkat 55. Sedangkan dari sisi penelitian adalah nomor dua Jawa Timur diantara perguruan tinggi perguruan tinggi lain,” kata Dirjen Sumber Daya Iptek DIKTI Prof. Ali Gufron Mukti.

Dari pernyataan diatas, menunjukkan bahwa Prof. Ali Gufron Mukti juga kagum dengan prestasi yang telah dicapai UNP atas peringkat kedua dalam peningkatan penelitian se Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim.

Selain itu beliau juga mengatakan, bahwa indikator peningkatan peringkat UNP Kediri adalah penambahan jumlah dosen. UNP Kediri telah merekrut lebih dari 100 dosen. Dengan komitmen UNP Kediri tersebut, akan dapat membantu Dirjen DIKTI dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Namun tidak hanya merekrut lebih dari seratus dosen, UNP Kediri juga memberikan beasiswa kuliah lanjut untuk dosen-dosennya ke S2.

Untuk lebih detailnya, sobat bisa mencari informasi terkati ini di Pencarian Google. Saya rasa banyak sekali informasi terkait masalah ini.

Kesimpulannya, masalah ini sudah lama selesai dan kualitas UNP Kediri sudah sangat baik dan tidak bisa diragukan lagi.

Perlu kita tahu bersama juga, bahwa UNP Kediri juga menyandang Universitas pertama yang berhasil Aktif kembali dari sekian banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang juga Dinonaktifkan.

Kata Prof Sugiono (Ketua YPLP PT PGRI -Kediri), "Kampus UNP juga menjadi kampus percontohan bagi DIKTI bagi universitas lain yang bernasib sama, karena Hanya UNP yang mampu keluar dari keterpurukan dalam waktu singkat."

Namun seperti yang kita pahami, banyaknya kebaikan yang pernah kita lakukan akan terhapus dengan setetes keburukan.

Sama dengan UNP Kediri, saat begitu banyak kebaikan yang ada pada Kampus akan tertutupi dengan setetes kesalahan saja, mungkin ini efek dari media tanpa pengetahuan lebih dari penerimanya.

Sekarang di Tahun 2017 ini, UNP berkembang dengan begitu sangat pesat dengan Motto nya "Inspiring University". Selain itu, juga masih menyandang sebagai Universitas terbesar di Karesidenan Kediri untuk beberapa tahun lamanya.

Sebenarnya artikel ini saya tulis untuk memberikan informasi bagi teman-teman yang mencari informasi tentang Universitas Nusantara PGRI Kediri (UNP Kediri), namun masih ragu akan isu-isu yang kurang tepat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Apakah kuliah itu penting?

Bagi sahabat yang ingin mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Kampus UNP Kediri bisa menghubungi saya jika membutuhkan arahan. Saya bisa menemani jika saya ada waktu luang. Selain itu UNP Kediri sekarang juga sudah menerapkan Pendaftaran Online.

Note: artikel ini akan diupdate jika ada yang perlu diperbaiki atau ditambahkan.

2 comments: